(Resume Kelompok 4)
Struktur Pasar
tahukah kalian? pasar bukan saja yang kita lihat dikasat mata saja, pasar juga bukan hanya ada di tempat-tempat yang biasa kita kunjungi sehari-hari, pasar juga mempunyai struktur dan berbagai macam dan jenis yang ada dipasar, disini saya akan membahas struktur dari pasar dan ciri-cirinya.
Pengertian Pasar
Pengertian Pasar
Pasar adalah sebagai tempat bertemunya antara penjual dan pembeli.
mereka saling melakukan interaksi dan terjadi tawar menawar untuk menemukan
harga yang disepakati antara penjual dan pembeli dan uang sebagai alat untuk
menukar barang.
1.
Pasar Nyata
Tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual
beli barang atau jasa. Dalam hal ini pembeli dan menjual melakukan transaksi
secara langsung. Contoh : pasar tradisional dan pasar swalayan.
2. Pasar Abstrak
Dalam hal pasar abstrak,disini jual
beli tidak selalu terjadi dipasar saja tapi dalam pasar abstrak ini kegiatan
jual beli bisa dilakukan melalui internet seperti online shop.
3. Pasar Modernam
Pasar ini bersifat modern, dimana barang yang ditawarkan sudah harga pas dan tidak bisa ditawar lagi, tapi kita akan mendapatkan potongan jika ada diskon, pasar mpdernam ini dapat kita temukan di mall/plaza:
1. Pasar
Persaingan Sempurna
Pasar dimana terdapat banyak penjual
dan pembeli dan produk yang diperjual belikan bersifat homogen.
Contoh : pasar hasil pertanian
seperti beras dan sayur mayur.
2. Pasar
Persaingan Tidak Sempurna
Bentuk-bentuk pasar persaingan tidak
sempurna:
a. Pasar Monopoli
Pasar
monopoli adalah suatu bentuk pasar di
mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar
ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai "monopolis".
apabila permintaan barang banyak maka harga jual akan naik dan justru
sebaliknya.
Ciri-ciri pasar monopoli yaitu:
1. hanya ada satu produsen yang
menguasai penawaran
2. tidak ada barang subtitusi/pengganti yang mirip (close substitute)
3. produsen memiliki kekuatan menetukan harga
4. tidak ada pengusaha lain yang memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berapa keunggulan perusahaan.
2. tidak ada barang subtitusi/pengganti yang mirip (close substitute)
3. produsen memiliki kekuatan menetukan harga
4. tidak ada pengusaha lain yang memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berapa keunggulan perusahaan.
Pasar Oligopoli.
Pasar oligopoli
adalah pasar yang hanya terdiri atas beberapa penjual untuk suatu barang
tertentu, sehingga antara penjual yang satu dengan yang lainnya bisa
memengaruhi harga.
Contoh: perusahaan
menjual mobil dan sepeda motor, perusahaan rokok, industri
telekomunikasi dan perusahaan semen .
Ciri - ciri pasar Oligopoli yaitu:
1. Terdapat banyak penjual/ produsen ya ng menguasai pasar.
2. Barang yang dijual dapat berupa brang homogen atau berbeda corak.
3. Terdapat halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk kedalam pasar. Satu diantara para oligopolis merupakan market leader yaitu penjual yang mempunyai pangsa pasar terbesar.
2. Barang yang dijual dapat berupa brang homogen atau berbeda corak.
3. Terdapat halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk kedalam pasar. Satu diantara para oligopolis merupakan market leader yaitu penjual yang mempunyai pangsa pasar terbesar.
Macam-macam oligopoli:
Oligopoli murni yang ditandai beberapa perusahaan yang menjual produk homogen.
Oligopoli dengan perbedaan yang ditandai beberapa perusahaan menjual produk yang dapat dibedakan.
Oligopoli murni yang ditandai beberapa perusahaan yang menjual produk homogen.
Oligopoli dengan perbedaan yang ditandai beberapa perusahaan menjual produk yang dapat dibedakan.
Dampak negatif oligopi terhadap
perekonomian:
Keuntungan yang yang terlalu besar
bagi produsen dalam jangka panjang
Timbul inifisiensi produksi
Eksploitasi terhadap konsumen dan
karyawan perusahaan
Harga tinggi yang relatif stabil
(sulit turun) menunjang inflasi yang kronis
Kebijakan pemerintah dalam mengatasi
oligopoli
Pemerintah mempermudah masuknya
perusahaan baru untuk masuk kepasar untuk menciptakan persaingan
Diberlakukannya undang-undang anti
kerja sama antar produsen.
c. Pasar Duopoli
pasar duopoly adalah Suatu pasar yang
dimana suatu barang dikuasi oleh dua buah perusahaan, Contoh : Penawaran minyak
pelumas dikuasai oleh Pertamina dan Caltex.
Ciri-ciri pasar duopoli, yaitu:
1) terdapat dua penjual dan banyak pembeli,
2) harga ditentukan secara sepihak oleh kedua penjual baik dengan kesepakatan atau tidak.
1) terdapat dua penjual dan banyak pembeli,
2) harga ditentukan secara sepihak oleh kedua penjual baik dengan kesepakatan atau tidak.
d. Pasar Monopolistik
Pasar monopolistik adalah suatu struktur pasar
di mana terdapat banyak produsen yang menjual produk yang sama, tetapi dengan
berbagai macam variasi. Ciri-ciri pasar monopolistic yaitu:
·
Terdapat banyak produsen atau penjual
·
Promosi penjualan harus aktif
e. Pasar Monopsoni
Pasar monopsoni adalah dimana satu
pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas
barang atau jasa dalam suatu pasar.
Contoh: Di Indonesia seperti PT.
Kerata Api Indonesia yang merupakan satu-satunya pembeli alat-alat kereta api.
Ciri-ciri pasar monopsoni yaitu:
·
Pembeli memiliki kekuatan dalam menentukan harga
·
Bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana permintaannya hanya
satu perusahaan
·
Satu pelaku usaha menguasai penerimnaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal
atas barang dan jasa dalam suatu pasar komoditas
f. Pasar
Oligopsoni
Pasar oligopsoni adalah keadaan
dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi
pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar.
Ciri-ciri pasar oligopsoni
yaitu:
·
Terdapat beberapa pembeli
·
Pembeli bukan konsumen tetapi pedagang
·
Barang yang dijual merupakan bahan mentah
Setelah membahas mengenai pasar
banyak sekali berbagai pasar yang sebelumnya tidak diketahui, dan
sekarang kita sudah mengetahui jenis-jenis pasar beserta ciri-cirinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar