Minggu, 07 April 2013

IBU



IBU

   Ibu adalah orang yang melahirkan kita di dunia yang indah ini . ibu adalah makhluk yang sangat luar biasa yang berada didunia ini dia tidak kenal lelah untuk menjaga kita siang dan malam. ibu adalah superhero untuk anak-anaknya. mendidik kita, mencintai dan mengasihi kita dari balita hingga tumbuh dewasa.

   Maka dari itu kita sebagai seorang anak yang memiliki pengetahuan dan berakhlak baik harus sangat menghormati dan mencintai ibu kita, karena tanpa dia kita tidak akan mempunyai kesempatan untuk masuk kedunia, dalam ilmu agama islam banyak ayat ayat atau hadis yang mewajibkan kita untuk mematuhi setiap perintah seorang ibu, dilarang keras untuk menggoreskan luka sekecil apapun kepadanya.

   Pada hadist yang di riwayatkan oleh Imam Muslim dalam shohihnya dan yang lainnya dari Abu Hurairah -rodhiyallahu 'anhu- berkata :

قَالَ رَجُلٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَنْ أَحَقُّ النَّاسِ بِحُسْنِ الصُّحْبَةِ قَالَ أُمُّكَ ثُمَّ أُمُّكَ ثُمَّ أُمُّكَ ثُمَّ أَبُوكَ

Artinya : "Seseorang bertanya kepada Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- : siapakah orang yang paling berhak untuk saya berbakti kepadanya? beliau menjawab : ibu kamu, kemudian ibu kamu, kemudian ibu kamu, kemudian ayah kamu."

  Dalam hadist diatas, Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- menyebutkan ibu sebanyak 3 (tiga) kali sebagai orang yang paling berhak untuk seorang anak berbakti kepadanya dan ditaati. yang kemudian menyebutkan ayah sebanyak satu kali.

   Tetapi bukan berarti kita tidak dianjurkan untuk menghormati ayah, kita juga wajib menghormati dia karena ayah termasuk sosok superhero yang selalu melindungi anaknya dan menghabiskan tenaganya untuk mencari nafkah agar keluarganya hidup sejahtera.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar