Jumat, 24 April 2015

SOFTSKILL


CYBER CRIME (PENGALAMAN PRIBADI)
Situs Jejaring Sosial merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut.  Hubungan antara perangkat mobile dan halaman web internet melalui "jaringan sosial" telah menjadi standar dalam komunikasi digital. 

Saat ini perkembangan aplikasi media sosial seperti Facebook, Twitter dll,mengalami perkembangan yang sangat pesat dimulai dari  kalangan anak-anak, remaja maupun orang dewasa .Sebagai aplikasi media sosial hal ini tentu saja membawa banyak dampak baru dalam perkembangan penggunanya, baik dampak negatif maupun positif. Dampak positif media sosial dalam perkembangan IT sebenarnya membawa banyak keuntungan, misalnya saja memudahkan dalam hal komunikasi kepada siapapun, baik dengan orang yang dikenal maupun yang tidak, mencari dan mengakses informasi. Namun di selain itu hal ini juga membawa hal negatif bagi para penggunanya, yang salah dalam penggunaan fungsinya tersebut. Dalam hal ini kita sebagai pengguna media sosial harus lebih jeli dalam hal menggunakan fungsi dari media sosial tersebut.


Ada 1 cerita yang saya miliki dari penyalah gunaan media sosial atau yang sering disebut cyber crime, terdapat orang yang tidak bertanggung jawab yang menggunakan photo saya di facebook nya, dia menggunakan photo saya untuk kesenangan pribadinya, misalnya update dengan menggunakan kata-kata yang kotor, dan berkomunikasi dengan orang menggunakan pengolahan kata yang tidak berkenan, sehingga citra yang ditimbulkan bahwa saya adalah orang yang tidak memiliki attitude dalam berbahasa, padahal bukan saya yang mengelola account facebook tersebut, saya mencoba menghentikan tindakan yang telah mencemarkan nama baik saya, dengan cara mengirim pesan kepada account tersebut tapi tidak mendapatkan tanggapan, tapi untungnya  salah satu teman saya ada yang mempunyai kemapuan untuk menghack, alhasil account tersebut berhasil dihack. Pergunakan media sosial dengan bijaksana, karena apapun alasannya, jikalau memakai photo seseorang dan tidak meminta ijin, itu adalah sebuah pelanggaran.             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar