Minggu, 09 November 2014

Tugas Pertemuan 4 “Perkembangan Telematika”


Berbagai macam bentuk yang menjadi dampak penggunaan telematika merebak luas pada masyarakat. Dampak ini akan memunculkan dan merubah pola kehidupan, teknologi akan terus berkembang dan mengeluarkan inovasi-inovasi yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam aktivitas sehari-hari, baik dalam membantu menyelesaikan pekerjaan, sebagai media hiburan, berkomunikasi dan dalam segala hal, sehingga masyarakat akan merasa betergantungan dengan penggunaan teknologi yang bisa memudahkan disetiap harinya.
Dalam segi positif menurut saya sebagai mahasiswa, telematika mempermudah untuk mencari informasi, salah satunya penggunaan google, banyak sekali sumber informasi didalamnya, mempercepat pengiriman data yang berisikan tugas kepada dosen memalui email. Menghemat biaya karena mahasiswa tidak perlu mengeluarkan biaya untuk SMS, karena teknologi informatika sudah menyediakan layanan social media ,yang dimana mahasiswa bisa saling berkomunikasi tanpa mengeluarkan biaya seperti halnya SMS, cukup dengan koneksi ke jaringan internet.
Dampak negatif yang didapat yaitu, mahasiswa terlalu cepat untuk mengambil informasi diinternet, padahal materi yang disediakan diinternet merupakan kumpulan dari sebuah kesimpulannya saja,  buku masih sangat dibutuhkan untuk mendalami materi untuk menambah pengetahuan yang lebih luas dan valid. Tindakan copy-paste merupakan hal yang banyak dilakukan mahasiswa untuk mengerjakan tugas yang diberikan dosen.
Terlepas dari hal positif dan negatif, penggunaan telematika tergantung pada individu masing-masing, mereka akan mendapatkan banyak keuntungan jika menggunakannya dengan bijaksana, dan pemakaian teknologi juga bisa membuat prilaku menjadi malas karena pemakaian yang terus menjiplak karya orang lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar