Senin, 05 Mei 2014

BAHASA DAN TEKNOLOGI INFORMASI


BAHASA DAN TEKNOLOGI INFORMASI

PENDAHULUAN

            Bahasa, semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan kata itu, menurut para ahli bahasa begitu banyak pendefinisiannya, disini saya akan memberikan 3 pengertian bahasa menurut para ahli.
  •        Menurut Keraf dalam Smarapradhipa (2005:1), memberikan dua pengertian bahasa. Pengertian pertama menyatakan bahasa sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Kedua, bahasa adalah sistem komunikasi yang mempergunakan simbol-simbol vokal (bunyi ujaran) yang bersifat arbitrer.
  •        Menurut Felicia (2001:1), Bahasa merupakan alat yang digunakan untuk berkomunikasi sehari-hari, baik bahasa lisan maupun bahasa tulis.
  •          Menurut Sunaryo (2000:6), Bahasa didalam struktur budaya ternyata memiliki kedudukan, fungsi dan peran ganda yaitu sebagai akar dan produk budaya yang sekaligus berfungsi sebagai sarana berfikir dan sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bahasa identik sebagai sebuah alat komunikasi antar sesama, mungkin tanpa bahasa kita bingung bagaimana caranya berinteraksi dengan sesama,  bahasa juga tidak hanya dijadikan simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia, bahasa pada zaman modern saat ini digunakan sebagai alat komunikasi bersamaan dengan teknologi yang sedang berkembang begitu pesat.

            bahasa dan teknologi informasi saling berhubungan, Contoh mudahnya yang sering kita lakukan yaitu SMS (Short Message Service), manusia dapat berinteraksi melalui bahasa-bahasa yang ditulis pada ponselnya untuk berkomunikasi dengan yang lain, tanpa harus bertatapan wajah langsung, seseorang sudah bisa berkomunikasi  dan menyampaikan informasi dengan orang yang diinginkannya, bahasa beserta teknologi informasi juga sangat dekat dengan internet, mereka saling berhubungan 1 sama lain, 1 contoh yang bisa kita ambil manfaatnya yaitu video call, zaman yang begitu serba menggunakan teknologi, bahasa yang terdiri dari bahasa lisan, bahasa tulis dan bahasa tubuh  bisa dimasukan kedalam satu waktu melalui perantara akses video call, tapi ini semua harus didukung dengan akomodosi dan gaya hidup kita yang seperti apa dan bagaimana.
 
  RUMUSAN MASALAH

·         Apakah manfaat dan kerugian dalam menggunakan teknologi?
·         Apakah bahasa sangat berperan penting dalam berkembangnya teknologi informasi?
·         Bagaimana bahasa dan teknologi informasi menjadi satu kesatuan yang baik sehingga mendapatkan informasi yang berkualitas?

TUJUAN PENELITIAN

            Bagaimana bahasa dan teknologi informasi saling beterkaitan satu sama lain, sehingga menciptakan nilai-nilai yang bermanfaat dalam perkembangan teknologi informasi, mengetahui manfaat dan kerugian apa saja yang didapat dalam penggunaann teknologi informasi, dan seberapa pentingkah bahasa untuk teknologi informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar